6 Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya

Cloud storage Indonesia -mungkin beberapa di antara kita sudah mengetahui tentang macam macam perangkat keras dan beserta fungisnya, namun lain hanya derngan saya yang akan membahas ulang tentang macam macam perangkat keras yang ada pada computer dan juga fungsinya.

1.    Computer server.
adalah sebuah system yang telah menyediakan sebuah jaringan pada computer itu sendiri, entah itu jaringan internet maupun intranet. Dan mengingat computer memiliki tugas yang cukup besar. maka dalam pengoperasiaannya computer server terbagi menjadi beberapa jenis yaitu : server web, server aplikasi, server database dan fungsi computer server itu sendiri.

Fungsi computer server.
adalah sebagai unit bagian layanan yang menyimpan berbagai macam bentuk informasi dan bertugas untuk mengola data yang ada pada suatu jaringan computer. Dan computer server lah yang menjadi pusat melayani client dan sering mendapat julukan sebagai computer induk.

2.    Computer client/customer.
adalah seperangkat yang di gunakan untuk pengolahan data yang di ambil dari computer server, simple saja computer adalah computer yang hanya mendapatkan layanan yang berupa informasi dan lain sebagainya dari computer server.

Fungsi dari computer client.
adalah sebuah computer yang dapat memberikan akses yang cukup cepat bagi penggunannya karena tidak di bebani dengan pengolahan ataupun tugas.

3.    NIC ( Network interface computer ).
network interface computer berarti sebagai jaringan, dan pada umumnya istilah yang sering orang sebut adalah Ethernet card atau juga LAN card.

network interface card sendiri merupakan perangkat jaringan computer yang bertugas menghubungkan dari satu computer ke computer lainnya.

dalam pengoperasiaannya network interface computer terbagi menjadi dua jenis yaitu : NIC yang bersifat fisik dan NIC yang bersifat logis.

Nic yang bersifat fisik adalah kartu jaringan yang berupa Ethernet dan tokenring.
Nic yang bersifat logis adalah kartu jaringan yang berupa loodback adapter dan dial-up adapter.

Fungsi dari network interface computer sendiri adalah sebagai piranti yang menyambungkan kabel jaringan computer dan sebagai media yang menyediakan pengamatan secara fisik.

4.    Kabel jaringan.
Adalah sebuah kabel jaringan yang di buat/ di rancang khusus untuk menghubungkan jaringan computer. Pada umumnya ada 3 tipe kabel jaringan yaitu kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) , kabel coaxial dan kabel fiber optic. Di antara 3 kabel jaringan itu kabel jaringan utp adalah jenis kabel yang sering di gunakan karena mudah di pasang dan ukurannya kecil dengan biaya instalansi yang terjangkau.

Fungsi dari kabel jaringan.
sebagai media transmisi data dalam suatu jaringan computer yang dapat di gunain secara baik dan tepat sasaran.

5.    Konektor.
adalah sebuah perangkat keras yang di gunakan sebagai penghubung antara kabel dengan komputernya.
Fungsi konektor adalah sebagai media penghubung kabel dengan colokan network interface computer.

6.    HUB.
adalah komponen computer yang memiliki beberapa colokan dan pada dasarnya hub di gunakan untuk menyatukan kabel kabel jaringan ke setiap workstation/server.

Hub berfungsi sebagai kekuatan sinyal dari kabel utp sekaligus konsensator dan penghubung ke perangkat keras lainnya. dan hub sangat berpengaruh besar dalam cepat atau lambatnya koneksi internet.
0 Komentar untuk "6 Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya"

Back To Top