Mengenal Hybrid Cloud Lebih Dalam

VIBICLOUD – Teknologi Cloud Hybrid memang sudah terdengar sejak tahun lalu. Tapi banyak pakar cloud computing yang meramalkan kalau teknologi ini baru akan benar-benar berjalan di tahun 2016. Salah satu alasannya karena semakin banyak yang bermigrasi menggunakan cloud computing dan rasa khawatir mereka akan keamanan data yang tersimpan pada layanan cloud.

So, What’s Cloud Hybrid?

Mengenal Hybrid Cloud
-> Hybrid yang berarti menggabungkan dua hal yang berlawanan.
Hybrid cloud adalah kombinasi antara public cloud yang dipakai oleh banyak orang dengan private cloud yang hanya digunakan oleh satu perusahaan.

How They Work?
Hybrid cloud sebagai komputasi dengan komposisi paling tidak satu private cloud dan satu public cloud.
masing-masing berkerja secara terpisah dan mandiri tetapi tetap berhubungan dengan jalur komunikasi yang dilengkapi oleh enkripsi sehingga data dapat dipindah-pindahkan dari public cloud ke private cloud ataupun sebaliknya dengan aman.

The Function?
Manfaat yang paling jelas terlihat dari penerapan teknologi ini adalah pengguna bisa memiliki infrastruktur sendiri tanpa bergantung pada infrastruktur pihak ketiga. Serta meminimalisir akses yang akan terganggu ketika koneksi internet sedang tidak bersahabat atau infrastruktur mengalami kerusakan.

The Factor for Implementation?
Dalam mengimplementasikan teknologi hybrid cloud ada tiga faktor yang harus menjadi perhatian utama, yaitu:

Keamanan
Faktor yang paling adalah menerapkan keamanan terbaik dalam memilih public cloud dan enkripsi data pada saat data melakukan transit serta kejelasan siapa yang berhak mengakses data yang tersimpan di sana.

Konektivitas
Hubungan yang stabil sekaligus mempercepat akses data dan meningkatkan keamanan adalah suatu keharusan. Salah satu solusi terbaik adalah menggunakan akess VPN untuk menyediakan isolasi IPSec dan enkripsi.

Portabilitas
Portabilitas antara kedua cloud juga perlu diperhatikan. Mengatur portabilitas ini memang menyita banyak waktu. Namun hebatnya, kemampuan untuk memindahkan dan mengalihkan data dari public ke private cloud dan sebaliknya dengan lebih dekat adalah fungsi atau nilai utama dari teknologi hybrid cloud ini.

 

Ya, benar! Cloud computing adalah teknologi yang masih akan terus berkembang. Segera bermigrasi menggunakan cloud computing sebelum terlambat guys!
0 Komentar untuk "Mengenal Hybrid Cloud Lebih Dalam"

Back To Top