Trik Memilih Model Server yang Pantas dengan Perusahaan Anda

Simplivity Hyper ConvergencePada saat memulai merintis usaha startup jangan pernah mengeyampingkan tentang pemilihan macam server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Karena hal tersebut bisa menjadi suatu faktor utama yang memutuskan keberhasilan usaha Anda di masa yang akan datang. Berdasarkan yang wajib dipikirkan pertama kali sebelum menentukan tipe server yakni mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan diaplikasikan untuk kebutuhan high, sedang, atau cuma diterapkan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada permulaan, Anda kemudian baru bisa memastikan tipe server yang sesuai untuk jasa  Anda.

Trik Memilih Model Server yang Pantas dengan Perusahaan Anda


Sekarang ini keperluannya, model server dibagi ke dalam 4 bagian, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari tiap-tiap server tersebut? Yuk Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga dikenal juga dengan nama entry level server. Server jenis ini umumnya diaplikasikan dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah pc atau client yang sedikit, sekitar untuk 10-20 PC.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak digunakan sebab wujudnya yang tidak memakan tempat dan mudah ditaruh pada rak server.
Tipe server ini amat tepat untuk perusahaan skala kecil untuk diciptakan pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas pengguna laptop antara 20 sampai 100 orang dapat memilih server macam ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kemampuan yang lebih bagus jika dibandingkan server tipe entry level. Kebanyakan midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai energi back up untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server sanggup melakukan sebagian tugas secara berbarengan. Server ini sanggup mengerjakan beberapa tugas sekalian, seperti mengatur jaringan, mengontrol metode pembagian file, dan melaksanakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekstension sehingga sanggup meyimpan lebih banyak data ketika perusahaan berkembang lebih cepat. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Tipe Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi, meskipun demikian server tipe ini mempunyai keistimewaan tersendiri apabila diperbandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Macam desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan tipe ini terhubung pada sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh karena itu, server ini dapat menggunakan penyuplai daya, pendingin, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya bila ada salah satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Tipe server ini sesuai untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, situs berita, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah tipe server tertinggi. Server ini sanggup menciptakan performa dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server bisa mengakomodasi lebih dari 1.000 pengguna yang bergantung kepada database yang besar.
Server ini lazimnya dipakai oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, bank, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server lazimnya dirangkai di dalam ruangan tertentu dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server macam ini memerlukan ruangan yang cukup luas dengan metode pendinginan ruangan yang maksimal agar server mampu berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, walaupun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang sangat signifikan bagi perusahaan yang mengaplikasikannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang bisa dipercaya setiap waktu.
Memilih server yang tepat akan berpengaruh pada daya kerja perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam memilih server dapat berdampak buruk, bisa berupa server yang tidak mengakomodasi pekerjaan user atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kesalahan ini sanggup mengakibatkan bisnis rugi dari sisi financial, kekeliruan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang lemah perihal server.
0 Komentar untuk "Trik Memilih Model Server yang Pantas dengan Perusahaan Anda"

Back To Top