Cara Memilih Model Server yang Layak dengan Bisnis Anda

Distributor Hewlett Packard di JakartaDikala memulai merintis usaha startup jangan pernah mengeyampingkan soal pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal ini dapat menjadi sebuah elemen penting yang memutuskan keberhasilan jasa Anda di masa yang akan datang. Menurut yang harus dipertimbangkan saat pertama kali sebelum pilih macam server ialah mencari tahu keperluan Anda sendiri.

Cara Memilih Model Server yang Layak dengan Bisnis Anda


Bagaimana jika server akan diaplikasikan untuk keperluan kompleks, menengah, atau cuma diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru bisa memastikan model server yang tepat untuk layanan  Anda.
Sekarang ini kebutuhannya, macam server dibagi ke dalam 4 bagian, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kesanggupan dari tiap-tiap server ini? Yuk Kita simak lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server tipe ini umumnya dipakai dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah komputer atau client yang sedikit, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh computer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak digunakan karena bentuknya yang tipis dan gampang ditaruh pada rak server.
Jenis server ini sangat tepat untuk perusahaan skala kecil untuk dijadikan pusat data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas user laptop antara dua puluh hingga seratus orang bisa menggunakan server tipe ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingkan server jenis entry level. Rata-rata midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai kekuatan back up untuk menjaga server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server bisa menghandle beberapa tugas secara berbarengan. Server ini mampu menjalankan sebagian tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengatur cara pembagian file, dan mengerjakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga mampu meyimpan lebih banyak data dikala perusahaan berkembang lebih cepat. Sebagian, server jenis ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Tipe Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi, meskipun begitu server tipe ini mempunyai kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Jenis desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan jenis ini tersambung dengan sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini dapat menggunakan suplai tenaga, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), maka kalau ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang telah berjalan.
Macam server ini tepat untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, website kabar, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni macam server tertinggi. Server ini sanggup menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server sanggup menampung lebih dari seribu pengguna yang bergantung kepada database yang besar.
Server ini biasanya dipakai oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, bank, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan tertentu dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server tipe ini membutuhkan ruang yang cukup lega dengan sistem pendingin ruangan yang optimal supaya server dapat bekerja dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang cukup signifikan bagi usaha yang menggunakannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang sanggup dipercaya setiap waktu.
Menentukan server yang ideal akan berdampak pada kinerja perusahaan, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server bisa berimbas jelek, bisa berupa server yang tidak bisa menampung pekerjaan pemakai atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efektif dalam hal keuangan. Kesalahan ini mampu mengakibatkan perusahaan rugi secara keuangan, kekeliruan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang lemah tentang server.
0 Komentar untuk "Cara Memilih Model Server yang Layak dengan Bisnis Anda"

Back To Top