Metode Memilih Jenis Server yang Sesuai dengan Perusahaan Anda

Harga Server UnbkSaat memulai merintis layanan startup jangan pernah mengeyampingkan tentang pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Sebab hal ini bisa menjadi suatu faktor prioritas yang menentukan keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Berdasarkan yang patut dipertimbangkan pertama kali sebelum menentukan ragam server yaitu mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan diterapkan untuk keperluan kompleks, menengah, atau sebatas diterapkan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada permulaan, Anda kemudian baru bisa menentukan macam server yang tepat untuk usaha  Anda.

Metode Memilih Jenis Server yang Sesuai dengan Perusahaan Anda


Sekarang ini keperluannya, macam server dibagi ke dalam empat kategori, adalah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kelebihan dari tiap-tiap server tersebut? Mari Kita simak lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server umumnya juga diketahui juga dengan nama server tahap awal. Server macam ini lazim diaplikasikan dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah komputer atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 computer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diaplikasikan karena bentuknya yang tipis dan gampang dipasangkan pada rak server.
Jenis server ini amat sesuai untuk perusahaan berskala kecil untuk dijadikan sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan jumlah pemakai pc antara 20 hingga 100 orang dapat memilih server jenis ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus jika dibandingkan server tipe entry level. Kebanyakan midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai tenaga cadangan untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server sanggup melakukan sebagian tugas secara beriringan. Server ini bisa menjalankan beberapa tugas sekalian, seperti mengatur jaringan, membatasi sistem pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekstension sehingga sanggup menampung lebih banyak data ketika perusahaan berkembang dengan cepat. Beberapa, server model ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Tipe Blade server belum mempunyai spesifikasi yang amat tinggi, walaupun begitu server macam ini mempunyai keistimewaan tersendiri apabila diperbandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Jenis desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan jenis ini terhubung pada sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini mampu menggunakan suplai daya, pendingin, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya kalau ada salah satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Macam server ini sesuai untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, situs informasi, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni macam server tertinggi. Server ini mampu menciptakan kinerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server mampu mengakomodasi lebih dari seribu pemakai yang bertumpu pada database yang besar.
Server ini umumnya digunakan oleh usaha besar, seperti jasa aviation, bank, instansi pemerintahan, supplier, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server jenis ini memerlukan ruang yang cukup lega dengan metode pendingin ruangan yang maksimal supaya server bisa berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang sangat signifikan bagi bisnis yang mengaplikasikannya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang dapat diandalkan setiap waktu.
Memilih server yang tepat akan berakibat pada kinerja usaha, sebaliknya kesalahan dalam memilih server bisa berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak dapat menampung kerja user atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kesalahan ini bisa mengakibatkan bisnis rugi secara keuangan, kesalahan ini malah didasari oleh pengetahuan yang lemah perihal server.
0 Komentar untuk "Metode Memilih Jenis Server yang Sesuai dengan Perusahaan Anda"

Back To Top