Metode Menentukan Macam Server yang Sesuai dengan Perusahaan Anda

Hewlett Packard indonesia DistributorSaat memulai merintis jasa startup jangan pernah menyepelekan masalah pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda dipakai. Sebab hal tersebut dapat menjadi suatu unsur penting yang memastikan keberhasilan layanan Anda di masa yang akan datang. Menurut yang wajib dipertimbangkan pertama kali sebelum menentukan tipe server yakni mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan digunakan untuk keperluan high, sedang, atau sebatas diterapkan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan di awal, Anda kemudian baru dapat memutuskan model server yang sesuai untuk usaha  Anda.

Metode Menentukan Macam Server yang Sesuai dengan Perusahaan Anda


Saat ini keperluannya, jenis server dibagi ke dalam empat kategori, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari masing-masing server ini? Yuk Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server jenis ini biasanya digunakan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah pc atau client yang kecil, sekitar untuk 10-20 PC.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak diterapkan karena bentuknya yang slim dan mudah dipasangkan pada rak server.
Macam server ini sangat layak untuk perusahaan skala kecil untuk dibuat sentra data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah pemakai laptop antara dua puluh sampai 100 orang bisa memilih server model ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingkan server macam entry level. Pada umumnya midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai tenaga back up untuk mempertahankan server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menangani sebagian tugas secara berbarengan. Server ini mampu mengerjakan beberapa tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengatur metode pembagian data, dan melaksanakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekstension sehingga sanggup tampung lebih banyak data dikala perusahaan tumbuh lebih besar. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server belum mempunyai spesifikasi yang amat tinggi, walaupun demikian server tipe ini mempunyai keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Tipe desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan macam ini terkoneksi pada sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini mampu menerapkan suplai tenaga, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya jika ada satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Tipe server ini cocok untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, situs info, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah jenis server tertinggi. Server ini dapat menciptakan kinerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server bisa menampung lebih dari seribu pengguna yang bertumpu kepada database yang sangat besar.
Server ini lazimnya diterapkan oleh usaha besar, seperti jasa penerbangan, bank, instansi pemerintahan, supplier, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya dibentuk di dalam ruangan tertentu dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server macam ini membutuhkan ruangan yang cukup lega dengan cara pendingin ruangan yang maksimal agar server dapat bekerja dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, walaupun hanya satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi bisnis yang mengaplikasikannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang bisa diandalkan setiap waktu.
Menentukan server yang pas akan berpengaruh pada daya kerja usaha, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server dapat berdampak buruk, bisa berupa server yang tidak sanggup mengakomodasi pekerjaan pemakai atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kekeliruan ini sanggup mengakibatkan perusahaan rugi dari sisi keuangan, kekeliruan ini pun didasari oleh pengetahuan yang lemah tentang server.
0 Komentar untuk "Metode Menentukan Macam Server yang Sesuai dengan Perusahaan Anda"

Back To Top