Kisi-kisi Memilih Model Server yang Cocok dengan Perusahaan Anda

Sewa Server MurahSaat memulai merintis usaha startup jangan pernah mengeyampingkan soal pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda dipakai. Sebab hal tersebut bisa menjadi suatu faktor prioritas yang memastikan keberhasilan layanan Anda di masa depan. Menurut yang mesti dipikirkan saat pertama kali sebelum memilih macam server adalah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan diaplikasikan untuk kebutuhan kompleks, sedang, atau cuma digunakan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan pada awal, Anda kemudian baru dapat memastikan model server yang tepat untuk usaha  Anda.

Kisi-kisi Memilih Model Server yang Cocok dengan Perusahaan Anda


Sekarang ini kebutuhannya, macam server dibagi ke dalam 4 kelompok, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kelebihan dari masing-masing server ini? Yuk Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga dikenal juga dengan nama entry level server. Server tipe ini lazim diterapkan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak diterapkan karena formatnya yang slim dan gampang dipasangkan pada rak server.
Jenis server ini amat sesuai untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat pusat data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah pengguna pc antara 20 sampai seratus orang bisa menggunakan server jenis ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kesanggupan yang lebih baik jika dibandingkan server model entry level. Kebanyakan midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai daya cadangan untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server sanggup melakukan sebagian tugas secara berbarengan. Server ini mampu melakukan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, memegang cara pembagian file, dan menjalankan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekspansi sehingga dapat meyimpan lebih banyak data dikala perusahaan tumbuh lebih pesat. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi, walaupun begitu server jenis ini memiliki keunggulan tersendiri apabila diperbandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan jenis ini terkoneksi pada sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh karena itu, server ini bisa memakai suplai daya, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya apabila ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Model server ini sesuai untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, laman info, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah jenis server paling tinggi. Server ini dapat menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat mengakomodasi lebih dari 1.000 pemakai yang bertumpu kepada database yang besar.
Server ini lazimnya dipakai oleh perusahaan besar, seperti jasa penerbangan, banking, kantor pemerintahan, supplier, stasiun TV, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisikan komputer. Server tipe ini membutuhkan ruangan yang cukup luas dengan metode pendinginan ruangan yang maksimal agar server bisa berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meski cuma satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi bisnis yang menggunakannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang sanggup diandalkan setiap waktu.
Menentukan server yang pas akan berdampak pada kinerja perusahaan, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server dapat berakibat buruk, bisa berupa server yang tidak sanggup mengakomodasi kerja pemakai atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kekeliruan ini bisa mengakibatkan usaha rugi secara keuangan, kesalahan ini malah didasari oleh pengetahuan yang lemah perihal server.
0 Komentar untuk "Kisi-kisi Memilih Model Server yang Cocok dengan Perusahaan Anda"

Back To Top