Kiat-kiat Menentukan Model Server yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Distributor Hewlett Packard di JakartaKetika mulai merintis usaha startup jangan pernah menyepelekan masalah pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda diterapkan. Karena hal ini bisa menjadi suatu elemen utama yang menetapkan keberhasilan usaha Anda di masa depan. Menurut yang harus dipikirkan saat pertama kali sebelum pilih jenis server merupakan mencari tahu keperluan Anda sendiri.

Kiat-kiat Menentukan Model Server yang Sesuai dengan Bisnis Anda


Bagaimana jika server akan dipakai untuk kebutuhan kompleks, sedang, atau sebatas dipakai untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan pada awal, Anda kemudian baru bisa mempertimbangkan macam server yang layak untuk bisnis  Anda.
Sekarang ini keperluannya, macam server dibagi ke dalam 4 bagian, adalah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kemampuan dari tiap-tiap server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga dikenal juga dengan nama entry level server. Server model ini umumnya dipakai dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah computer atau client yang kecil, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diterapkan sebab bentuknya yang tipis dan mudah diletakkan pada rak server.
Jenis server ini amat layak untuk perusahaan skala kecil untuk dibuat sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan kapasitas pemakai pc antara 20 sampai seratus orang bisa memilih server macam ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kesanggupan yang lebih baik dibandingikan dengan server macam entry level. Rata-rata midrange server sudah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai daya cadangan untuk mempertahankan server tetap menyala terus.

Midrange server dapat melakukan sebagian tugas secara bersamaan. Server ini bisa mengerjakan sebagian tugas sekalian, seperti mengatur jaringan, mengendalikan cara pembagian file, dan melaksanakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekstension sehingga mampu simpan lebih banyak data dikala perusahaan berkembang dengan cepat. Sebagian, server jenis ini menawarkan ekstension untuk prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Model Blade server tidak memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, walaupun begitu server model ini memiliki keistimewaan tersendiri jika diperbandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Model desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan model ini terkoneksi pada sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini bisa memakai suplai tenaga, pendingin, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya kalau ada satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Tipe server ini tepat untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, web berita, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan tipe server tertinggi. Server ini bisa menghasilkan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server bisa menampung lebih dari 1.000 pemakai yang bertumpu pada database yang sangat besar.
Server ini biasanya dipakai oleh usaha besar, seperti jasa aviation, banking, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server lazimnya dibentuk di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini memerlukan ruangan yang cukup lega dengan sistem pendinginan ruangan yang optimal agar server dapat berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang cukup signifikan bagi usaha yang menggunakannya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang mampu dipercaya setiap saat.
Menentukan server yang ideal akan berakibat pada daya kerja bisnis, sebaliknya kesalahan dalam memilih server dapat berakibat buruk, bisa berupa server yang tidak sanggup mengakomodasi pekerjaan user atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kekeliruan ini sanggup mengakibatkan perusahaan rugi dari sisi financial, kesalahan ini malah didasari oleh pengetahuan yang kurang perihal server.
0 Komentar untuk "Kiat-kiat Menentukan Model Server yang Sesuai dengan Bisnis Anda"

Back To Top