Teknologi Smartphone Yang Tak Membutuhkan Baterai, Baca Disini!!





Asta Protek Jiarsi - Meskipun terdapat kemajuan yang sangat signifikan dalam teknologi smartphone dalam beberapa tahun terakhir, ketahanan daya baterai tetaplah yang terburuk dan salah satu masalah yang tak dapat dihindari di smartphone modern.

Pabrikan telah berusaha memecahkan masalah ini dengan baterai lithium ion yang besar dan pengisisan cepat, namun ini hanya merupakan keberhasilan yang kecil.

Dalam upaya untuk memberikan ketahanan daya yang jangka panjang, para peneliti dari university of Washington mengekplorasi apa yang terjadi jika kita menghilangkan baterai dari smartphone.

Asosiasi ilmu komputer dan teknik, professor Shyam Gollakota mengatakan bahwa timnya telah membuktikan bahwa teknologinya bekerja karena telah melakukan panggilan skype dari smartphone yang tanpa baterai.

Smartphne saat ini bekerja dengan meleburkan  kekuatan sinyal frekuensi radio yang dikirim melalui menara jaringan terdekat dan melalui penggunaan fotodioda, alat semikonduktor mengubah cahaya menjadi listrik.
Ilmuwan komputer dan insinyur listrik memulai mencari tahu bagaimana cara menghilangkan daya telepon untuk mengubah sinyal analog yang menyampaikan suara ke data digital yang dimana merupakan salah saru proses konsumsi energy paling banyak dalam transmisi seluler modem.

Solusinya adalah mengenkripsi pola bicara dalam sinyal radio yang dipantulkan dengan memanfaatkan getaran kecil yang terdengar saat seseorang bicara atau mendengarkan di telepon.

Intinya getaran dari mikrofon yang dikodekan dalam sinyal yang dipantulkan untuk mentransmisiskan suara, sementar getaran dari speaker telepon digunakan untuk menerima ucapan.

Sementara tim harus merancang menara jaringan khusus untuk mengirim dan menerima sinyal radio untuk pengujian, mereka yakin hasil yang sama dapat dicapai dengan infrastruktur jaringan seluler standar atau router wifi.

Agar perangkat bekerja lebih lama lagi, panel surya kecil dipasang yang dgunakan untuk menyerap daya dari cahaya sekitar. Namun masih banyak hal yang harus dilakukan.
0 Komentar untuk " Teknologi Smartphone Yang Tak Membutuhkan Baterai, Baca Disini!!"

Back To Top