Mengetahui Perbedaan Teknologi Jaringan 3G dengan 4G

cloud computing Indonesia – oke guys balik lagi di blog gw, blog yang selalu memberikan informasi dan juga tips tips unik yang pastinya terbaru. Jadi pada artikel kali ini gw mau ngebahas tentang  Perbedaan atau perbandingan tentang jaringan 3G dan juga 4G. sudah banyak diketahui oelh kalian bahwa jaringan 4G ini masih terbilang baru Indonesia, maka dari itu pada artikel kali ini gw mau negbandingan jaringan terbaru tersebut dengan jaringan yang sudah sering kita pakai sebelumnya yaitu jaringan 3G. biar lebih jelasnya langsung sajasimak artikel berikut ini ya….



Baru baru ini di Indonesia telah terjadi peningkatan atupun teknologi terbaru seputar jaringan internet, yaitu jaringan 4G. jaringan 4g ini masih terbilang baru di Indonesia, penggunaanya juga masih dalam tahap pengembangan , maka dari itu kali ini gw mau ngebahas perbandingan diantara jaringan terbaru ini dengan jaringan yang sudah sering kita pakai, berikut perbandingan jaringan 4G dengan 3G:


1. Penggunaan Teknologi 3G vs 4G
Jika dilihat dari penggunaan teknologi, jaringan 3G masih menjadi pilihan jaringan terbanyak di Indonesia. Hal ini dikarenakan jaringan 4G yang masih kurang stabil dan juga masih dalam tahap pengembangan di Indonesia.
Sebenarnya, hal yang menjadi perbedaan terbesar antara 3G vs 4G terletak pada keberadaan teknologi yang sesuai. Ada sekelompok teknologi yang jatuh di bawah 3G, misalnya WCDMA, EV-DO dan HSPA. Meskipun banyak perusahaan ponsel dengan cepat menjuluki produk mereka sebagai teknologi 4G, seperti LTE, WiMax dan UMB, namun tidak satupun yang benar-benar sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh standar 4G. Teknologi ini sering disebut sebagai Pre-4G atau 3.9G.

2.Kecepatan 3G vs 4G
Jika kita berpacu pada singkatan dari 3G vs 4G sendiri, Anda mungkin bisa menyimpulkan sendiri bahwa 4G lebih canggih dan lebih baik dibandingkan dengan 3G. Umumnya, kecepatan maksimal yang dikeluarkan 3G saat ini adalah sekitar 14Mbps downlink dan uplink 5,8Mbps. Agar dapat memenuhi syarat sebagai teknologi 4G, kecepatan hingga 100Mbps harus dicapai pengguna mobile dan 1Gbps untuk pengguna stasioner. Tetapi sejauh ini, kecepatan tersebut hanya bisa dijangkau dengan kabel LAN.

3.Jaringan Paket Switcing
3G merupakan campuran dari sirkuit dan jaringan paket switching, sementara 4G hanya berupa jaringan paket switching saja. Perubahan kunci lain dalam 4G yakni tidak menggunakannya switching circuit. Teknologi 3G menggunakan hibrida dari circuit switching dan packet switching. Circuit switching merupakan teknologi yang sangat tua yang digunakan dalam sistem telepon untuk waktu yang sangat lama.
Kelemahan teknologi adalah terikatnya sumber daya selama koneksi terus digunakan. Sedangkat packet switching adalah teknologi yang sangat lazim dalam jaringan komputer tapi kini muncul di dunia teknologi ponsel juga. Dengan packet switching, sumber daya hanya digunakan ketika ada informasi yang perlu dikirim, sehingga efisiensi packet switching memungkinkan perusahaan ponsel untuk meminimalkan percakapan lebih ke dalam bandwidth yang sama. Teknologi 4G ini tidak akan lagi menggunakan circuit switching bahkan untuk panggilan suara dan panggilan video. Semua informasi yang dilewatkan akan dialihkan untuk meningkatkan efisiensi.



Nah jadi itu dia beberapa perbandingan dari jaringan 3G maupun 4G, jadi kalian sudah tau bukan jaringan mana yang terbaik saat ini? Hal tersebut juga tergantung pada selera kalian masing masing guys. Jadi itu yang bisa gw kash dalam artikel kali ini, semoga bermanfaat ya guys. Thanks ^.^


0 Komentar untuk "Mengetahui Perbedaan Teknologi Jaringan 3G dengan 4G"

Back To Top