Mantap Jiwa, Inilah 5 Youtuber Paling Tenar & Tajir Asal Indonesia!!

Internet Murah Untuk Di Rumah - Saat ini banyak sekali orang yang suka mengupload video mereka ke Youtube. Para pengupload ini disebut juga Youtuber. Ada berbagai macam video yang diupload ke Youtube, kategorinya pun banyak sekali mulai dari aneh, unik, lucu, komedi, penting, berita, pariwisata, travel, hiburan, game, olahraga, kolaborasi musik/video, parodi, dan lain - lain. Salah satu parodi yang mungkin pernah booming di Nusantara adalah video Arya Wiguna yang murka dengan Eyang Subur. Selain itu, ada beberapa video yang juga menggambarkan kocaknya kondisi politik di Indonesia, terutama di Jakarta (trend Haji Lulung vs Ahok). Ya, itulah Youtube lebih dari TV (seperti syair Young Lex). Namun apa kalian tahu Youtuber Indonesia mana saja yang paling kaya dan populer? Penasaran? CEKIDOT!!

1. Raditya Adika



Orang pertama yang menjadi Youtuber paling populer dan kaya di seluruh Nusantara adalah Raditya Adika. Pria kelahiran 28 Desember 1984 ini mengawali karirnya dengan menjadi seorang penulis buku genre komedi yang biasa disebut Kambing Jantan. Buku tersebut menceritakan tentang kehidupan sehari - harinya saat dia masih kuliah di Adelaide, Australia. Buku ini terkenal dikarenakan menyajikan kisah - kisahnya yang unik sebagai pelajar Indonesia yang sedang kuliah di luar negeri. Buku ini terbit pada tahun 2005. Semua cerita dalam buku itu berasal dari blog pribadinya (www.kambingjantan.com) yang saat ini menjadi situs resmi pribadinya (www.radityadika.com).

Setahun kemudian, beliau menerbitkan buku keduanya yang berjudul Cinta Brontosaurus. Tak henti - hentinya dia menulis, pada tahun 2007 terbit lagi buku ketiganya yang berjudul Radikus Mandikus: Bukan Binatang Biasa. Karena rajin menerbitkan buku - buku unik disertai cerita yang mengundang gelak tawa masyarakat, semua buku - bukunya sangat diapresiasi terutama oleh kawula muda. Pria asal Jakarta ini juga pernah main film beberapa kali yang diangkat dari kisah nyata serta pengalaman hidupnya sendiri yang kocak dan mencengangkan. Beberapa di antaranya, yaitu:
  • Kambing Jantan: The Movie (2009)
  • Cinta Brontosaurus (2013)
  • Cinta Dalam Kardus (2013)
  • Manusia Setengah Salmon (2013)
  • Marmut Merah Jambu (2014)
  • Malam Minggu Miko The Movie (2014)
  • Single (2015)
  • Koala Kumal (2016)
  • Hangout (2016)
Dan selain jadi Youtuber, bang Dika ini juga menjadi juri di acara komedi yang seringkali diputar se-Nusantara yaitu Stand Up Comedy. Saat ini profit yang didapatkannya berjumlah Rp45.000.000/bulan dan kian menaik, karena dia juga seorang aktor. Dengan 2.219.242 subscriber, dia bisa dibilang Youtuber sekaligus seniman eksentrik di dunia gaib (maya) maupun nyata. Video - video yang diuploadnya menyajikan komedi - komedi yang anti mainstream dan menghibur netizen.

2. Edho Pratama



Runner up kali ini adalah seorang pria kelahiran 10 Juli 1991 yang biasa disebut dengan Edho Zell. Nama asli dari Youtuber ini adalah Edho Pratama. Dia terkenal dikarenakan video - video ynag diuploadnya kerap membuat orang tertawa dan berisi komedi - komedi yang juga tidak kalah unik dari Raditya Dika. 

Masa lalu pria asal Jakarta ini cukup kelam, karena dia berasal dari keluarga yang broken home. Namun hal itu tidak mempengaruhi dirinya untuk terus maju dan mengubah segala macam halang rintangan beserta hambatan menjadi sebuah peluang usaha yang akhirnya dia menjadi seorang Youtuber tersukses setelah Raditya Dika. Dulunya dia harus bersusah payah jadi kasir warnet yang tugasnya menjaga warnet sampai jadi sales yang jualan parfum dari rumah ke rumah. Walaupun begitu, seorang Edho ini mempunyai mimpi besar untuk menjadi seorang entertainer internasional. Maka dari itu, dia mulai bergabung dengan grup dance yang disebut Exskul Brigden. Perlahan - lahan, bang Edho dapat penghasilan yang lumayan dari menjadi pelatih dancer dan cukup untuk membiayai hidupnya sehari - hari. 

Karena sering mengisi acara - acara brigden, bang Edho pun bertemu dengan Freddy sang MC acara - acara tersebut. Bang Edho lagi - lagi terinspirasi dengan gaya bicara dan materi yang biasa Freddy sampaikan saat jadi MC. Lalu berguru-lah bang Edho dengan Freddy sampai akhirnya Edho juga bisa nge-MC dan punya jadwal padat jadi MC. Dari sini penghasilannya terbilang cukup tinggi. Karena sempat sombong, bang Edho mencoba untuk usaha di luar negeri demi mengejar impiannya yang ingin jadi seorang entertainer internasional. Namun begitu sampai di sana, bukannya untung malah buntung. Bang Edho pun tidak bisa bertahan hidup di luar sana sampai jadi gembel karena tidak tahu apa - apa bahkan tidak menguasai bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya. 

Melihat kondisinya yang tidak memungkinkan, beliau pun kembali ke Tanah Air dan memulai karirnya dari awal lagi. Nah di sinilah titik balik kehidupan seorang Edho yang merubah nasibnya secara drastis. Dia lagi - lagi terinspirasi dengan booming-nya video Shinta dan Jojo dengan judul Keong Racun. Karena hal inilah Edho termotivasi menjadi seorang Youtuber yang sering mengupload video - video kocak, unik, berciri khas, dan beda dari yang lain. Beberapa tahun kemudian, jadilah dia Youtuber muda tersukses setelah Raditya Adika. Profitnya Rp 44.000.000/bulan dan punya 1.198.503 subscriber, luar biasa, bukan?

3. Reza " Arap " Oktavian



Nah kalau Youtuber muda yang satu ini juga tidak kalah populer dari Youtuber lainnya. Youtuber yang kerap dipanggil " Arap " ini adalah seorang gamers sejati yang sering menayangkan video - video game beserta tutorialnya dan banyak membuat gamers Indonesia jadi terkagum - kagum olehnya. 

Pria kelahiran Jakarta, 15 Oktober 1990 ini memulai karirnya jadi gamers di warnet yang dulu dia serng main. Dari kecil sampai sekarang kerjaan-nya main game terus, sampai akhirnya jadi gamers sekaligus Youtuber muda tersukses setelah Edho & Radith. Game - game yang dimainkan olehnya cukup terkenal dan beragam genre-nya mulai dari GTA V, Horror, dan lain - lain. 

Selain jadi gamers, Arap juga suka ngerap dan buat video - video kocak, unik, berciri khas, dan ga kalah menarik dari Youtuber lainnya. Saat ini dia memiliki 1.110.471 subscriber yang bisa membuatnya terkenal dan profitnya saat ini berjumlah Rp 42.000.000/bulan.




4. Chandra Liow



Pada deretan keempat ditempati oleh Chandra Liow. Youtuber muda kelahiran Jakarta, 21 Juni 1993 ini sukses menjadi Youtuber dikarenakan video - video inspiratif, unik, kocak, dan berciri khas yang membuat banyak orang tertarik. Pria keturunan Cina Manado ini adalah seorang seniman yang suka mengekspresikan karyanya melalui lagu dan dia benar - benar paham betul soal seni desain visual. Segala video yang dia unggah ke channel-nya tidak pernah jauh dari seni. Sebetulnya dia menolak disebut sebagai seorang Youtuber, karena menurutnya dia hanya seorang creator (seniman/pencipta) yang bisa berkarya dalam berbagai platform (bukan Youtube saja). 

Penghasilannya yang didapatkannya dari Youtube saat ini berjumlah Rp25.000.000/bulan. Lumayan banyak, kan? Gimana ga kaya nih orang, dia aja punya 996.305 subscriber. Hebat, kan?

5. Lifia Niala



Yang terakhir ini adalah Youtuber paling muda di antara semuanya. Lifia Niala adalah nama dua anak cilik yang suka tampil untuk menghibur anak - anak kecil Indonesia dengan tingkah laku mereka yang lugu dan imut. Ayah kedua anak ini sukses menjadikan kedua putrinya jadi Youtuber cilik yang memotivasi banyak anak - anak seluruh dunia. 

Tayangan video yang ditampilkan adalah kegiatan Lifia dan Niala yang bermain sambil belajar. Karena imutnya kedua anak ini dan kreatif-nya video yang sajikan, banyak anak - anak dan orang tua yang menyukai channel Lifia Niala. Saat ini Lifia Niala memperoleh 566.037 subscriber yang semakin meningkat setiap harinya. Walaupun subscriber-nya kalah jauh dibanding Youtuber lainnya, penghasilan yang diperoleh oleh Lifia dan Niala tidak bisa diremehkan, yakni mencapai Rp60.000.000/bulan. Hebat, bukan? Anak kecil aja bisa, gimana kamu?

Itulah lima Youtuber yang paling populer dan terkaya di Indonesia. Sebenarnya masih banyak Youtuber - Youtuber muda Indonesia lainnya yang bisa sukses apabila mereka menggeluti usaha di bidang entertainment ini. Yang terpenting adalah menjadi diri sendiri dan menampilkan apa yang mau kita tampilkan. Jangan mengharapkan uang, seorang Youtuber tidak jauh berbeda dengan seniman. Masing - masing dari mereka memiliki karakteristik dan potensi bakat yang berbeda - beda. Dan yang paling terpenting adalah jangan pernah putus asa. 

Demikian, semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Mantap Jiwa, Inilah 5 Youtuber Paling Tenar & Tajir Asal Indonesia!!"

Back To Top