Teknik Memegang Kamera DSLR Untuk Pemula



Perkembangan teknologi begitu cepat, salah satunya di dunia fotografi. banyak orang yang mengabadikan momen-momen tertentu dengan sebuah foto, bahkan sampai di cetak. karna cetak foto kanvas murah menjadi pilihan banyak orang. selain unik juga bisa dipasang di ruang tamu atau kamar. kini kamera digital sudah dibekali berbagai teknologi dan fitur terbaik untuk menghasilkan gambar foto terbaik. namun itu semua tidak cukup agar menghasilkan foto yang sempurna. kamu juga harus belajar bagaimana teknik memegang kamera yang benar sebelum memotret suatu objek. selain itu untuk menambah kestabilan kamera atau membuat kamera tidak goyah, memegang kamera yang benar juga membuat kamu tampak lebih bergaya layaknya seorang fotografer professional. dengan teknik memegang yang benar, kamu bisa mengurangi goyangan sehingga hasil foto lebih tajam.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan saat memegang kamera?

untuk menghindari foto yang blur karena kamera bergetar saat proses pengambilan objek, kalian harus memperhatikan posisi kedua jemari tangan sebagai berikut :

Posisi jemari tangan kanan :

kamera DSLR di desain dengan bentuk yang mudah digenggam, khususnya tangan kanan. posisikan tangan kanan mu pada bagian tombol shutter. jemari tangan kananmu seharusnya bisa menjangkau tombol-tombol yang ada di body kamera dengan mudah. pengan kamera tersebut dengan kuat dan kokoh sehingga tidak menimbulkan goyah sedikitpun. untuk mencari fokus kamera, kamu bisa menekan tombol shutter setengah saja. kamu juga harus memposisikan body kamera dengan tepat sehingga nyaman saat digenggam.

Posisi jemari tangan kiri :

Kalian bisa menggunakan tangan kiri untuk mengatur lensa kamera. gunakan tangan kiri sebagai tumpuan kamera dengan berada diantara bodi dan lensa. kamu harus bisa posisikan jemari tangan kini untuk memudahkan jemari memutar lensa untuk melakukan zoom atau fokus. gunakan tangan kiri untuk mengatur focal length hingga aperture.

Sebaiknya jangan menggunakan atau memegang kamera dengan satu tangan saja. karna kamera akan mudah terkena guncangan sehingga akan sulit untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus dan tajam.bila terpaksa menggunakan satu tangan, sebaiknya jangan lupa gantung kamera di leher. strap atau tali kamera akan menahan kamera DSLR ketika terlepas dari tangan.

Tambahan Untuk Posisi Sikut.

Kalianpun juga bisa merapatkan siku ke badanmu agar kamera lebih stabil. Semakin terbuka siku dan jauh dari badan, maka pegangan pada kamera akan tidak stabil dan mudah goyang. Namun, masih banyak fotografer pemula yang sering salah dalam posisi ini. Padahal sikut tangan menjadi tumpuan dalam kestabilan kamera. Kamu juga bisa menggunakan tangan kiri secara horizontal untuk dijadikan tumpuan lensa kamera, hal ini berguna untuk menstabilkan kamera.

Demikian ulasan mengenai Teknik Memegang Kamera DSLR Untuk Pemula, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

0 Komentar untuk "Teknik Memegang Kamera DSLR Untuk Pemula"

Back To Top