Kenali Lebih Dekat si Pemotong Masa Kini Plasma Cutter


Gambar terkait

Plasma cutting alias pemotongan logam dengan plasma atau pengelasan yang modern. Merupakan pemotongan dengan menggunakan listrik untuk memanasi udara dengan sangat tinggi hingga pada titik plasma, yang panasnya diatas ribuan derajat celcius, kemudian ditiup melalui logam yang akan dipotong. Ini merupakan teknologi plasma yang terbaru lho, guys.

Jadi, jika kamu ingin menggunakan alat terbaru yang mudah dan simpel digunakan untuk memotong berbagai logam berat dan tebal dengan bentuk lebih akurat, si plasma cutter adalah pilihan tepat untuk kamu gunakan, guys.

Tau gak sih.. plasma cutting merupakan alat yang sangat sederhana dan hanya memerlukan pasokan udara yang dipadatkan dan stopkontak listrik AC untuk beroperasi. Si plasma cutting pun dapat memotong lebih halus, lebih cepat dan efisien dari Oxy-Acetylene Torch, lho. Sampai-sampai karena ke-efektifitas-an dari si plasma cutter yang didukung teknologi CNC PLASMA ini, bakal mengancam keberadaan sejumlah besar alat Metal Working Konvensional.

Bagian-bagian dari plasma cutter?

Bagian dari Plasma Cutting terdiri dari:
- Power suply,
- Klem tanah atau ground negative dan
- Hand torch.

Adapun fungsi utama dari power supply, yaitu mengubah tegangan AC ke adjustable diatur pengguna ( secara kontinu ) menjadi arus DC.
Sedangkan, hand torch berisi pemicu untuk mengendalikan pemotongan dan nozzle melalui hantaman udara dari kompresor. Sebuah elektrida juga terpasang di dalam Hand Torch di belakan ujung nozzle.

Prinsip kerja plasma cutter, seperti apa?
Dalam proses pemotongan dengan menggunakan plasma, alat ini menggunakan sebuah elektroda tungsten yang dipasang dalam nozel. Karena elektroda tungsten ini akan mengeluarkan busur yang sangat panas, maka nozle harus didinginkan dengan air. Bentuk nozel dibuat sedemikian rupa, sehingga gas sebelum keluar ikut dipanaskan oleh tungsten. Gas tersebut dengan kecepatan tinggi, kemudian digunakan untuk meniup (menyembur) logam yang telah dipanaskan sehingga dengan mudah terjadi pemotongan.

Tau gak sih, guys.. Ternyata alat pemotong ini cukup mahal, lho.  Sehingga plasma cutting ini hanya digunakan untuk memotong logam yang mahal seperti stainless steel, aluminium, dan sejenisnya.

That's all, guys. Semoga bermanfaat ya!:)

0 Komentar untuk "Kenali Lebih Dekat si Pemotong Masa Kini Plasma Cutter"

Back To Top