AWAS!! 5 Sistem Operasi Ini Rawan Serangan Hacker!!

Cloud Computing Indonesia - Retas, retas, retas. Ya, tiada hari tanpa meretas. Itulah kegiatan utama para hacker. Apa - apa diretas, sampai buat publik dan seluruh dunia jadi heboh!  Situs resmi pemerintah jadi down servernya karena diretas, banyak virus merajalela karena ulah para hacker, dan tidak jarang pula banyak uang dicuri karena para dedemit dunia maya ini. Hacker memang selalu berulah walaupun tidak semua hacker itu bermasalah. Ada beberapa yang hacker yang baik, adapula yang jahat (kriminal). Bahkan sekarang sistem operasi bisa dibobol dan di utak - atik oleh mereka. Apa saja sistem operasi yang rawan serangan hacker? CEKIDOT!!


1. Android


Android memang menjadi sistem operasi yang paling rawan akan serangan hacker. Sistem operasi ini seringkali jadi bahan percobaan para hacker dan sudah menjadi kelinci percobaan favorit mereka. Walaupun Android itu terkenal dan sering digunakan oleh orang, tapi kenapa Android itu rawan kena serangan hacker? Karena menurut penelitian tahun 2016, kurang lebih ada 523 celah keamanan yang bisa dimanfaatkan hacker untuk merusaknya. Sistem operasi buatan Google ini adalah yang paling mudah dibobol oleh para hacker.

2. Linux Debian


Linux Debian juga tak jarang jadi bulan-bulanan para hacker. Sistem operasi besutan Ian Murdock ini memang menjadi sistem operasi yang rentan serangan hacker setelah Android. Semua itu dikarenakan terdapat 319 celah keamanan yang bisa disalahgunakan oleh para hacker. 


3. Linux Ubuntu


Linux Ubuntu juga tak jarang jadi sistem operasi yang jarang dibobol oleh hacker. Sistem operasi rintisan Canonical Ltd ini juga rentan terhadap serangan hacker. Walaupun terbilang cukup populer, namun populer juga dapat membawa kerugian karena terdapat 278 celah keamanan yang bisa digunakan hacker untuk mencuri data kita. 

4. Linux Kernel


Sistem operasi buatan Linus Horvalds ini juga rentan akan serangan hacker. Karena pada tahun 2016 lalu, tercatat ada 217 celah keamanan yang mampu dimanfaatkan oleh hacker untuk meretas data kita. Sistem operasi ini memang menjadi sistem operasi yang sering digunakan apalagi bagi mereka pengembang sistem operasi Linux. 

5. Mac OS X


Yang terakhir ada Mac OS X, sistem operasi buatan Apple. Sisitem operasi ini memang jarang dibobol dan jarang ada masalah keamanan yang serius, namun jangan kira sistem operasi ini benar - benar aman. Karena para hacker ternyata mampu menembus sistem keamanan operasi ini walau diklaim susah ditembus. Kurang lebih terdapat 215 celah keamanan yang berhasil ditembus oleh para hacker, menurut laporan dari CVE Details.


Itulah lima sistem operasi yang rawan dibobol dan diretas oleh para hacker. Kalau begitu semua sistem operasi tidak ada yang aman, dong? Keamanan suatu sistem dipengaruhi oleh kita para penggunanya dan para pengembang sistem operasi tersebut. Kalau mau aman, ya pasang antivirus. Dan sering - seringlah bergaul sama hacker, yang baik tentunya. Demikian,semoga bermanfaat. 
0 Komentar untuk "AWAS!! 5 Sistem Operasi Ini Rawan Serangan Hacker!!"

Back To Top