Melihat Cara Kerja Solar Cell untuk Rumah Tangga

Pemerintah saat ini semakin menggiatkan penggunaan solar cell (sel surya) untuk rumah tangga. Solar cell ini adalah perangkat yang bisa mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan prinsip efek photovoltaic. Dengan pemakaian solar cell ini mengurangi dampak pemanasan global dalam pengadaan tenaga listrik yang saat ini masih mengandalkan tenaga batu bara (PLN). Meskipun harga panel surya untuk rumah tangga masih agak mahal, namun bisa dibandingkan jika sudah digunakan selama puluhan tahun.




Apalagi negara Indonesia merupakan negara yang banyak sinar matahari atau lebih dikenal dengan negara tropis tentunya sangat menguntungkan sekali jika menggunakan panel surya ini sebagai alternatif energi listrik. Semakin banyak cahaya matahari maka semakin banyak juga tenaga listrik yang dihasilkan.

Mengnai cara kerja solar cell ini, sebenarnya cukup sederhana saja. Solar cell ini terdiri dari komponen utamanya yang terbuat dari bahan semikonduktor, dimana didalamnya setidaknya terdapat dua lapisan semikonduktor berupa positif dan negatif. Saat solar cell ini bekerja, maka ia dapat menangkap pancaran sinar matahari yang berupa partikel-partikel kecil dari energi foton matahari.

Energi foton tesebut diserap oleh lapisan negatif dari solar sel dan apabila telah cukup, maka elektron akan dibebaskan dari lapisan negatif menuju ke lapisan positif, sehingga timbul beda potensial alias tegangan. Nah, dari situlah akan muncul energi listrik yang nantinya dapat disimpan ke dalam sebuah baterai pada bagian solar cell ini, sehingga solar cell dapat digunakan selama 24 jam.

Listrik yang dihasilkan oleh solar cell yang disimpan pada baterai ini dapat digunakan secara langsung. Misalnya, untuk menyalakan lampu, pompa air, radio, dan alat elektronik lainnya yang dari watt yang kecil hingga yang membutuhkan watt besar seperti kulkas dan air conditioner (AC) pada rumah Anda.

Jika bicara mengenai harga solar cell untuk rumah tangga, kamu akan dikenakan biaya yang relatif mahal. Namun, biaya ini mencakup alat dan jasa pemasangannya. Apabila dibandingkan dengan listrik pada umumnya, solar cell memiliki keuntungan yang akan Anda dapatkan sampai bertahun-tahun lamanya. Untuk penggunaan rumah tangga biasanya dapat bertahan hingga 20 – 25 tahun.

Sebelumnya, Anda perlu menyiapkan beberapa komponen yang dibutuhkan, berupa solar cell, module/PV, solar charge controller, baterai, dan inverter DC to AC. Semua alat ini untuk menghasilkan aliran listrik.

Kebutuhan listrik setiap rumah tentu berbeda-beda. Untuk pemakaian 1500 watt, kapasitas umum untuk solar cell yang di pasang di atap rumah kurang lebih memenuhi sekitar 1000WP. Sementara untuk harga solar cell untuk rumah tangga pun berbeda-beda.
0 Komentar untuk "Melihat Cara Kerja Solar Cell untuk Rumah Tangga"

Back To Top